Selasa, 06 Oktober 2015

WISUDAWAN








Selamat Pagi Dan Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Alhamdulillahirabbil alamin, atas rahmat karunia Allah SWT dan perkenan-Nya,
dalam acara Wisuda Sarjana S1 Program Study Manajemen dan Akuntansi STIE DWIPA WACANA Jakarta.  

Para wisudawan yang saya hormati

Visi pendidikan tinggi nasional kita pada hakekatnya adalah membentuk sistem pendidikan tinggi yang sehat dan bermutu, menghasilkan insan beriman, bertaqwa, cerdas, dan terampil.
Oleh karena itu pendidikan tinggi Indonesia harus  bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional dan dapat berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa. 
Peran Perguruan tinggi dalam UU No 18 tahun 2002 adalah membentuk sumber daya manusia ilmu pengetahuai.
Perguruan Tinggi bertanggung jawab menghasilkan SDM yangmemiliki kemampuan mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan.Perguruan tinggi bertanggung jawab meningkatkan kemampuan pendidikan dan pengajaran serta pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mampu menjawab  kebutuhan pengguna, khususnya kebutuhan bangsa Indonesia. 
Dalam menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan persaingan ketat dan arus informasi yang pesat dalam semua sektor, maka Negara dituntut untuk memiliki daya saing yang kuat agar mampu mensejajarkan diri dengan negara-negara lain.  menjadi kata kuncinya. 

Diberlakukannya pasar global dengan dimulainya MEA 2015 di sektor perdagangan, demikian juga dengan  kesepakatan international lainnya seperti AFTA, APEC, ACFTA, dan berbagai kesepakatan lainnya jelas menggambarkan tentang pentingnya pendidikan tinggi yang berkualitas di Indonesia untuk mampu menghasilkan produk pendidikan yang kompetitif atau mampu bersaing dengan produk pendidikan tinggi bangsa lain, maka Perguruan Tinggi khususnya dalam hal hasil hasil risetnya dituntut dapat diserap, dimanfaatkan oleh dunia usaha.

Untuk mengejar ketertinggalan, pembangunan SDM dilaksanakan dengan menggunakan wahana Sistem lnovasi Nasional (SiNas) melalui penguatan kelembagaan, sumberdaya dan jaringan Iptek, serta secara substansial melalui penelitian, pengembangan dan penerapan iptek strategis. Inti dari sistem inovasi adalah interaksi antar aktor inovasi (Academision, Goverment, dan Business) untuk menghasilkan produk inovasi. lnteraksi ini digambarkan dengan istilah "triple helix", dimana Akademisi menjadi aktor dalam pengembangan berbagai disiplin ilmu, Pemerintah sebagai regulator dan fasilitator, sedangkan lndustri ekonomi berperan sebagai ujung tombak inovasi dan pembangunan ekonomi nasional.

Para Wisudawan  yang saya hormati,

Oleh karena itu saya mendorong seluruh perguruan tinggi termasuk STIE DWIPAWACANA  Jakarta untuk menghasilkan Wisudawan yang menghasilkan produk dan dihilirkan ke dunia usaha dan terus memantapkan diri sebagai Perguruan Tinggi unggulan.

Demikian  pengantar kami. Sebagai penutup dapat saya garis-bawahi, bahwa STIE DWIPAWACANA perguruan tinggi merupakan salah satu aktor penting dalam sistem inovasi nasional.  Sehingga apa yang diramalkan dari hasil penelitian oleh Bank Dunia, bahwa Indonesia disebut-sebut akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia yang sangat diperhitungkan yang memiliki potensi sebagai negara new emerging economies dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi di masa datang dapat tercapai tidak terlalu lama lagi.

Demikian. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr. wb.



Mr.Darsono,SE.,MM


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------






































































1 komentar:

  1. maaf pak saya boleh nanya status kampusnya bukannya belom aktif ya kok bisa mengadakan wisuda

    BalasHapus